Year-End Note: My Top 10 Songs of 2016 (Japan)


Kita sampai pada senarai 10 teratas lagu Jepang tahun 2016 versi gw. Untuk yang ini, mau mainstream atau nggak kayaknya nggak ngaruh, berhubung di kita J-Pop statusnya selalu cult nggak pernah mainstream heuheu =(. Seperti yang gw posting di My J-Pop 48, lagu-lagu Jepang yang menurut gw enak sepanjang tahun ini sudah gw kompilasikan di sana, sehingga top 10 ini cuma ambil 10 lagu dari situ. Yah perlu upaya keras penuh keringat dan air mata sih untuk mengeliminasi tujuh lagu lain *padahal nggak*, sehingga terpilihlah lagu-lagu berikut ini.




10. "YAMABIKO" – NakamuraEmi

Gw nggak bisa menjelaskan dengan pasti apa yang diusung dalam lagu ini, pasti ada istilahnya kalau di majalah-majalah musik. Kalau gw sih nangkepnya lagu ini adalah akustik rock, groove, dengan singtalk (?). Anyway, dengan suara bening, lantang, dan enerjik dari artis yang tergolong baru ini, perpaduan tersebut terdengar segar walau sekilas kayak ngomel-ngomel pake bahasa Jepang.






9. "Let It Fly" – Leola

Jika ada keadilan di blantika J-Pop, Leola ini harusnya jadi next best thing. Suaranya yang emang merdu-nggak-ngeselin turut andil dalam memengaruhi gw memasang lagu pop uplifting yang catchy ini cukup sering, selain mbaknya juga enak dilihat sih.






8. "レイディ・ブルース (Lady Blues)" – LUCKY TAPES

Lagu ini "menemukan" gw lewat suggestion di YouTube yang ternyata klop gitu dengan selera gw. Campuran rock dan jazz dari Jepang memang selalu memikat, dan lagu yang kali ini lebih banyak jazz-nya ini juga demikian. Cenderung kalem karena lebih konsen di keys ditambah iringan brass section, tapi lucunya ada segmen riff gitar rock-nya. Lumayan buat angguk-angguk kecil.






7. "TIME" – 平井 堅 (Ken Hirai)

Ini adalah kembali ke bentuk pop klasiknya Hirai, seperti "Life Is…", "Hitomi wo Tojite", atau paling dekat dengan "Gaining Through Losing"—yang di sini lebih terkenal versinya F4, "Meteor Rain" =). Entah karena mengingatkan gw pada lagu-lagu itu atau memang lagunya memang dari sananya enak dengan unsur gospel kental dan orkestra, either way gw sangat menikmati lagu ini.






6. "ブラッドサーキュレーター (Blood Circulator)" – ASIAN KUNG-FU GENERATION

Diminta lagi buat isi opening title-nya anime Naruto Shippuden tahun ini, band favorit gw ini nggak sia-siakan kesempatan membuat sebuah lagu baru yang enerjik, dan kini ditambah dengan permainan melodi gitar dan beat yang makin rapi tapi tetap lincah.






5. "産まれた理由" – 高橋 優 ("Umareta Wake" – Yu Takahashi)

Dari dulu penyanyi dan pencipta lagu ini emang kurang kinclong kemasan luarnya, termasuk di vokalnya yang seringkali dibuat cempreng. Namun, itu harusnya nggak menghalangi bakat serta keterampilannya bercerita lewat lagu dan lirik yang sederhana (sampe gw yang bahasa Jepangnya udah keropos pun langsung ngerti) untuk terlihat. Lagu ini dirancang katanya sih untuk persembahan kepada para orang tua di acara-acara pernikahan. Dari nada hingga cara bernyanyinya tercermin earnestness yang menggugah dan mengharukan.






4. "Maybe" – Brian the Sun

Salah satu temuan terbaru gw di J-Pop tahun ini adalah band pop-rock ini, dengan lagu yang begitu laid back tetapi masih ada hentakannya. Lebih dari sekadar catchy, lagu ini juga "diam-diam" memperlihatkan skill personelnya tanpa jadi terkesan pamer, dan semakin memperkuat kecurigaan gw bahwa anak band di sana itu seperti disuruh belajar jazz dulu sebelum main genre apa pun.






3. "スミレ" – 秦 基博 ("Sumire" – Hata Motohiro)

Karena bisanya Hata itu bagusnya di lagu slow, maka setiap ada lagunya dia yang upbeat dan bagus, harus dirayakan =D. Lama sejak "Goodbye Isaac" Hata akhirnya bikin lagi lagu ceria yang bikin semangat, melodi dan chorus yang juga sangat catchy, dan dibungkus dengan permainan instrumen band yang makin ramai dengan string section-nya tanpa jadi berisik. Cuma J-Pop yang bisa begini.






2. "Mint" – 安室奈美恵 (Namie Amuro)

Praduga gw bahwa Amuro itu tukang comot style musik dan artis terkenal (terutama Amerika) agak terpatahkan di single ini—maksudnya gw belum menemukan lagu ini mirip style-nya siapa hehe. Lagu ini jelas pop dance seperti sebagian besar rilisan Amuro, cuma unsur R&B-nya hanya tersisa sedikit dan digeser dengan rock yang bagian electric guitar-nya lumayan serius, dibungkus temponya yang dinamis dan pumping, mancing banget yang denger buat jogedan.








1. "花束を君に" – 宇多田ヒカル ("Hanataba wo Kimi ni" – Utada Hikaru)

Dia akhirnya kembali, namun mungkin tidak seperti yang disangka-sangka. Setelah vakum sekian lama, Utada langsung melempar single yang lembut, syahdu, hangat, dan…simple. Ini seperti stripped down version of her, lagunya dalam medium-tempo dibungkus instrumen-instrumen analog, walau tetap muncul susunan nada dan chord "miring" yang sangat Utada. Lagu ini akan begitu mudah disukai oleh siapa pun, apalagi kalau menyelami liriknya, yang sebenarnya didedikasikan untuk sosok ibu tanpa perlu terlalu berharu-haru ria.





Komentar