[Movie] Dawn of the Planet of the Apes (2014)


Dawn of the Planet of the Apes
(2014 - 20th Century Fox)

Directed by Matt Reeves
Written by Mark Bomback, Rick Jaffa, Amanda Silver
Suggested by the novel "La Planète des Singes (Planet of the Apes)" by Pierre Boulle
Produced by Peter Chernin, Dylan Clark, Rick Jaffa, Amanda Silver
Cast: Andy Serkis, Jason Clarke, Gary Oldman, Keri Russell, Toby Kebbel, Kodi Smit-McPhee, Kirk Acevedo, Nick Thurston, Karin Konoval, Judy Greer


Film Rise of the Planet of the Apes menjadi salah satu kejutan di tahun 2011, setidaknya buat gw. Karena waktu itu gw nggak terlalu berkekspektasi sebuah film reboot dari franchise klasik Planet of the Apes bisa sebagus dan seseru itu. Beberapa hal yang gw inget dari film itu adalah, betapapun klisenya, punya ritme cerdas, tangkas, dan berbobot, selain tentu saja teknologi visual effects menerjemahkan gerak manusia jadi gerak primata yang sangat keren. Untuk mencegah kekecewaan, gw harus me-reset ekspektasi gw terhadap sekuelnya, Dawn of the Planet of the Apes, apalagi ada pergantian sutradara, karena bisa aja Rise itu cuma kebetulan lagi hoki aja.

Ternyata impresi gw terhadap Rise lumayan membebani gw ketika menyaksikan Dawn. Paham sih gw kalau Dawn ini angle-nya berbeda, jadi cara penceritaannya juga berbeda. Kalau Rise itu rentang waktunya bertahun-tahun, maka Dawn mungkin hanya beberapa hari, dan angle-nya juga lebih banyak menyorot kaum primata yang sedang bergerak maju semenjak memiliki kecerdasan ekstra dalam gennya--sebagai akibat dari yang pernah terjadi di Rise. Jadi yah, kita akan lebih banyak ketemu dialog antar primata yang menggunakan bahasa isyarat dan beberapa kata dalam bahasa Inggris di mulutnya, menyaksikan bagaimana spesies ini memulai peradaban baru dan awal-awal berbahasa mulut. Adegan pembuka yang di hutan-hutan itu cakep banget deh.

Jalan cerita tentang bagaimana kaum primata berproses membentuk tatatanan sosial baru yang kemudian berbenturan dengan perbedaan pandangan dan pengaruh dari luar (kaum manusia yang tersisa) sebenarnya sangat menarik, dan dipaparkan juga dengan rapi di film ini. Tetapi, buat gw, film ini kehilangan keasyikan yang pernah ditunjukkan oleh film Rise, khususnya di bagian ritme. Yah bahasa kasarnya film ini sedikit lebih lamban, apalagi kalau ditontonnya dalam keadaan lelah jadi agak ngantuk-ngantuk gitu *lha kok curhat =p*. Dan lagi, klimaks film ini tidak bisa dibandingkan dengan klimaks Golden Gate Bridge di Rise yang gokil. Ada sih satu adegan keren penyerangan ke koloni manusia di malam hari--single continuous shot dari atas tank yang berputar itu keren abeeis--tetapi itu letaknya bukan di klimaks, jadi berasa agak menurun kekerenannya menjelang akhir.

Tetapi, lagi-lagi, kalau dari sisi pengisahan, film ini oke. Bagi yang pernah dengar tentang Planet of the Apes, maka pasti sudah punya prekonsepsi bahwa pada akhirnya para primata ini akan lebih maju dari kaum manusia dan jadi penguasa bumi. Senangnya sih film ini tak buru-buru ke sana, tetapi melalui sebuah proses yang cukup masuk akal (dengan mengabaikan akselerasi waktu berevolusinya ya). Demikian pula metafora soal perdamaian vs kebencian dan perebutan kekuasaan tampaknya kena sekali dengan kehidupan nyata. You know, kecerdasan meningkat bukan berarti hati semakin lurus *ceramah*.

Pokoknya sih, buat gw dari segi konsep cerita film ini adalah sekuel yang bagus, akan tetapi dari segi penyajian keseluruhan kurang dapat memuaskan gw sebagaimana gw dipuaskan oleh Rise, walaupun pencapaian visual dan visual effects-nya jelas masih patut diapresiasi. Juga akting para aktor yang menggerakkan (plus menyuarakan) tokoh-tokoh primatanya, pasti punya kesulitan: manusia yang berakting seperti primata yang mulai berperilaku seperti manusia. Ribet yach.




My score: 7/10

Komentar

  1. film ini keren banget! apalagi kalau udah nonton semua film klasiknya! damn
    bisa dong main2 ke blog saya (baru mulai mencoba review film)
    salam blogger!

    http://kgiaji.wordpress.com/2014/07/14/review-dawn-of-the-planet-of-the-apes-2014/

    BalasHapus

Posting Komentar