[Movie] Sweet 20 (2017)

Kesuksesan film Korea, Miss Granny (2014) mendorong produsernya untuk mengembangkan materi ceritanya dalam bentuk remake di berbagai negara. Remake antarnegara memang udah biasa, tetapi entah apakah sudah ada yang pernah melakukannya se-ambisius ini: udah dibikin di China, Vietnam, Thailand, Jepang, dan sekarang di Indonesia dengan judul Sweet 20, dan mungkin akan berlanjut di negara-negara lain. Emang dasar gw, gw memang baru nonton satu versi aja, itu pun bukan yang original, melainkan 20 Once Again (2015) yang diproduksi di China. Namun, bisa kebaca bahwa film-film ini punya struktur yang sama, urut-urutan kejadiannya persis, outcome-nya juga serupa. Beruntungnya, Sweet 20 termasuk berhasil dalam interpreting instead of just translating ke tuturan yang lebih dekat dengan penonton Indonesia.

Sekalipun unsur magical fantasy soal nenek yang basically for no reason at all fisiknya berubah jadi gadis 20 tahunan sebenarnya nggak terlalu akrab dalam cerita-cerita kita--dan mungkinkah itu sebabnya momen ini kayak diburu-buru di film ini?--buat gw film ini enak sekali adaptasinya. Gaya komikal-nya, humornya, referensi kultur pop-nya, nilai-nilai keluarganya, latar sosialnya--emm, nggak terlalu sih tapi ya plausible-lah--semuanya bisa nyambung dengan orang kita, sehingga nontonnya juga lebih nikmat. Tetapi, yang paling bikin nikmat adalah jajaran pemainnya yang bermain apik dan kompak, a great ensemble. Salah satu poin kesukaan gw adalah bagaimana performa Tatjana Saphira sebagai Fatma muda tetap bisa bikin gw kebayang sama performa Niniek L. Karim sebagai Fatma tua yang sebelumnya muncul hanya selama 10 menit di awal film. Kalau segala unsurnya kompak gini, dan adaptasinya juga semaksimal mungkin disesuaikan dengan pola pikir lokal, 'kan nontonnya juga jadi seneng. Pun kalau mau dibilang, buat gw Sweet 20 adalah salah satu film Indonesia paling menyenangkan di paruh awal tahun ini.


Sweet 20
(2017 - Starvision/CJ Entertainment)

Directed by Ody C. Harahap
Screenplay by Upi
Based on on the film Miss Granny written by Shin Dong-Ik, Dong Hee-Sun, Hong Yoon-Jung, Hwang Dong-Hyuk
Produced by Chand Parwez Servia
Cast: Tatjana Saphira, Niniek L. Karim, Slamet Rahardjo, Kevin Julio, Morgan Oey, Lukman Sardi, Cut Mini, Widyawati Sophiaan, Tika Panggabean, Alexa Key, Nina Kozok, Ardit Erwandha, Tommy Limmm
My score: 7,5/10


Komentar